Cara keramas memengaruhi keindahan rambut. Tekstur rambut menjadi lebih lembut, kulit kepala sehat, dan rambutĀ  tidak mudah rontok. Sebenarnya, Anda tidak perlu melakukan berbagai perawatan mahal di salon untuk mendapatkan rambut indah. Saatnya melakukan koreksi pada cara keramas Anda, kemudian lakukan langkah- langkah keramas yang benar. Intip tekniknya!

1. Gunakan air hangat kuku untuk membasahi rambut. Hair hangat ini berfungsi untuk membantu membersihkan kotoran dan minyak yang melekat pada helai rambut. Pastikan seluruh bagian rambut dan kulit kepala tersiram dengan baik.

2. Tuangkan shampo secukupnya pada tangan dan gosok hingga berbusa. Baru kemudian dibubuhkan pada seluruh rambut. Mengapa harus dituang di tangan, sebenarnya simpel saja, yaitu agar konsentrasi formula pada shampo dapat merata di seluruh bagian rambut.

3. Gosok lembut pada kulit kepala. Selain memberikan stimulus agar aliran darah lancar, juga untuk membersihkan minyak yang melekat. Ini merupakan bagian terpenting yang sering diabaikan karena lebih sering kita berkonsentrasi pada helai rambut saja. Saat membersihkan, lakukan gosokan dengan ujung jari, bukan dengan kuku yang justru akan merusak kulit kepala. Jika Anda termasuk yang memiliki kulit kepala berminyak, jangan menggosok terlalu keras karena akan merangsang produksi minyak yang berlebih. Setelah kulit kepala, lanjutkan dengan membersihkan batang rambut dan helai rambut hingga ujungnya.

4. Bilas dan lanjutkan dengan mengoleskan conditioner pada rambut. Pastikan tidak ada shampo yang tertinggal di kulit kepala, karena akan menyebabkan kulit kepala kering dan gatal-gatal. Apakah rambut berminyak juga memerlukan conditioner? Sebenarnya, bukan rambut yang memiliki jenis berminyak, tetapi kulit kepalanya. Jadi, oleskan saja setelah keramas, toh, conditioner digunakan pada helai rambut, bukan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air dingin untuk menutup kembali folikel rambut.